Opera Mini, browser smartphone yang Gue Banget!


Berbicara tentang browser untuk smartphone tentu saja kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Opera Mini, atau yang lebih gaul kita sebut OpMin. Opera mini merupakan browser yang menawarkan kecepatan menjelajahi internet serta penggunaan data yang lebih hemat, bahkan sangat hemat dengan kompresi data yang tentu saja sangat tinggi. Browser yang satu ini adalah browser yang kompatibel pada perangkat baru maupun lawas dan menjadi salah satu browser yang sangat populer terutama pada negara-negara yang memiliki kecepatan internet yang rendah dan harga paket data yang mahal. Sebut saja Mawar Afrika, India, Indonesia dan lain-lain.

jika kalian melihat sekilas tidak akan tampak perbedaan antara opera mobile dan opera mini dari segi tampilannya. Perbedaannya akan terlihat pada saat kalian mulai membuka sebuah laman. Gambar akan terlihat sedikit buram, serta tampilan laman mungkin akan sedikit berantakan. Hal ini dikarenakan karna sebelum data tersebut ditampilkan ke layar smartphone kita, data laman tersebut terlebih dahulu akan dikompres di server opera mini. Selain itu beberapa javascript dan css ditiadakan. Ada dua metode penghematan data yang ditawarka oleh opera mini yaitu mode HIGH dan mode EXTREME.

Mode high menggunakan teknologi 'Opera Turbo Data Saving' dengan peruntukan berselancar dengan mengedepankan kecepatan dan penghematan penggunaan paket data. Sedangkan untuk mode extreme diperuntukkan untuk berselancar pada kecepatan koneksi internet yang lambat. Pada kedua mode ini dilengkapi opsi bagaiman kualitas gambar yang akan ditampilkan, off, kualitas gambar rendah, kualitas gambar menengah atau kualitas gambar tinggi. Kecepatan yang ditawarkan opera mini sendiri hanya pada pemuatan laman saja. Untuk kecepatan download tetap seperti pada umumnya, tergantung pada kecepatan koneksi internet dan lain-lain.

Dari segi tampilan / UI sendiri seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tidak tampak perbedaan antara opera mini dan opera mobile/browser. UI tampak bersih dengan layout yang bisa dirubah ke tampilan phone, classic atau tablet. Pada bagian atas bawah terdapat navigasi sederhana (tampilan default dengan layout phone) dengan kolom pencarian. Pada laman utamanya dengan kolom bookmark yang sejajar dengan saved pages. Di bawahnya beberapa kolom favorit berupa grid yang bisa ditambah sesuai keinginan, serta feeds dan ads dengan headline Top Stories dari beberapa situs yang sepertinya sudah terafiliasi dengan opera mini. Feeds ini sendiri bisa diatur sesuai keiginan seperti negara serta kategori feeds yang akan ditampilkan.

Final words, untuk kalian yang memiliki perangkat smartphone lawas (seperti saya) atau tinggal di daerah dengan kecepatan internet yang sedanya (seperti saya lagi) dan ketidak mampuan membeli paket data karena mahal (lagi-lagi seperti saya) maka opera mini adalah browser yang tepat untuk menemani kalian menjelajahi dunia maya...

Blogger (0)
Disqus